"Welcoming space to Elevate your Knowledge and Information"

Sejarah

Perkembangan Perpustakaan STIESIA, mengikuti perkembangan STIESIA Surabaya, yaitu pada tahun 1972 berdiri Akademi Pajak dan Keuangan (APK) Surabaya, kemudian pada tahun 1979 mengalami perkembangan yang pada akhirnya bernama Sekolah Tinggi Pajak dan Keuangan (STIPAK) Surabaya dan pada tahun 1980 kembali lagi dengan nama Sekolah Tinggi Keuangan Indonesia (STIKI) Surabaya, dan yang terakhir pada tahun 1985 sampai dengan sekarang berubah nama menjadi dengan nama Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya.

Seiring perkembangan tersebut, perpustakaan secara otomatis mengalami perubahan dari "Perpustakaan APK, Perpustakaan STIPAK Surabaya, Perpustakaan STIKI Surabaya dan terakhir menjadi Perpustakaan STIESIA Surabaya". Perkembangan itu tidak hanya menyangkut pada bentuk dan nama tetapi berkaitan dengan tempat, sarana dan prasana. Pada awalnya perpustakaan hanya terdiri dari satu lantai saja, namun seiring dengan terus bertambahnya jumlah koleksi maka ruangan perpustakaan diperbesar hingga menjadi dua lantai. Saat ini perpustakaan memiliki dua lantai dengan luas keseluruhan 1500 M2. yang terbagi dalam ruang koleksi buku, ruang referensi, ruang koleksi khusus (Tugas Akhir , jurnal dan majalah), ruang sirkulasi, ruang administrasi dan pembinaan koleksi, ruang fotocopy dan internet.

Pada pertengahan 2008, Perpustakaan STIESIA melakukan otomasi dengan menggunakan program LASER 2.0 berbasis web dari Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Malang serta Ganesha Digital Library (GDL) yang diperoleh dari Institut Pertanian Bogor. GDL digunakan perpustakaan STIESIA untuk mengelola berbagai jenis karya ilmiah (tugas akhir, skripsi, tesis, disertasi dan penelitian dosen), prosiding, jurnal serta koleksi khusus lainnya. Sedangkan, LASER digunakan untuk pengolahan koleksi buku, administrasi perpustakaan dan sirkulasi.

Pada akhir tahun 2011, Perpustakaan STIESIA mulai menggunakan program otomasi. Program yang digunakan adalah produk intern dari STIESIA, dimana program ini menggunakan sistem integrasi satu atap dengan bagian lainnya. Program yang digunakan sekarang bernama STIESIA Library Information System dan berbasis desktop.

Visi

Visi perpustakaan STIESIA sebagai pusat informasi dan pengetahuan guna mendukung kegiatan pendidikan vokasi, akademik, dan profesi bertaraf nasional dan internasional yang andal dan bermartabat di bidang manajemen dan akuntansi pada tahun 2021.

Misi

  1. Memberikan layanan penelusurani nformasi yang akurat, efektif dan efisien dengan batuan teknologi informasi.
  2. Menyediakan fasilitas dan jasa layanan informasi yang accessable kepada pemustaka dengan bantuan teknologi informasi dan komunikasi.
  3. Menyediakan berbagai jenis sumber informasi baik cetak maupun digital yang sesuai dengan kebutuhan pemustaka.
  4. Melakukan kerja sama dengan perpustakaan atau pusat informasi lain berupa resource sharing informasi.
  5. Menyebarluaskan informasi up to date dengan menggunakan teknologi informasi yang tersedia pada sistem penelusuran informasi.
  6. Menciptakan suasana yang nyaman dan menyenangkan kepada pemustaka guna mendukung pelayanan prima.

MOTTO

"be smart with us" (Cerdas Bersama Kami Perpustakaan STIESIA)